Tips Mengatasi Mesin Mobil Overheat Pada Saat Perjalanan

responsive

Tips Mengatasi Mesin Mobil Overheat Pada Saat Perjalanan – Tidak hanya bisa kita temukan pada perangkat PC saja, nyatanya kendaraan pun memiliki sistem pendingin. Akan tetapi walaupun kendaraan bermotor, khususnya mobil jika mesinnya cepat panas (overheat), tentu sistem pendingin akan bekerja ekstra untuk membuat suhu mesin kembali normal.

Suhu mesin yang meningkat biasanya terjadi pada saat kendaraan diajak berkendara dengan jarak yang cukup jauh, karena membuat mesin bekerja ekstra. Ketika sistem pendingin (radiator) mengalami kerusakan atau kebocoran, disinilah masalah overheat terjadi. Untuk mengetahui apakah mesin overheat atau tidak, silahkan periksa komponen radiator yang ada didalam dashboard kendaraan roda empat yang anda miliki, biasanya jia mesin mengalami overheat, jarum indikator bergerak ke arah kanan tapi untuk kendaraan dengan indikator gambar, mesin mobil akan langsung mati.

Jangan panik pada saat mengalami masalah tersebut secara tiba-tiba saat diperjalanan, karena kami akan membagikan tips menggatasi mesin cepat panas atau overheat saat perjalanan. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

responsive
  1. Pertama adalah menepikan mobil ke pinggri jalan raya.
  2. Setelah itu matikan mesin sampai suhu nya kembali seperti biasa.
  3. Jika sudah, periksa cairan radiator/coolant.
  4. Buka penutup radiator/sistem pendingin tersebut secara perlahan.
  5. Jika tekanan air pada radiator berlebih tutup segera sistem pendingin tersebut.
  6. Setelah beberapa saat coba buka kembali radiatornya, jika cairan radiator masih penuh tutup lagi.
  7. Setelah suhu mobil kembali dingin, nyalakan mesin dan bawa mobil ke bengkel terdekat untuk langkah perbaikan.

Demikianlah tips dan trik mengatasi mesin mobil cepat panas (overheat) saat perjalanan. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Sampai jumpa lagi.

responsive