Tips Memanaskan Mesin Mobil Dengan Baik

responsive

Tips Memanaskan Mesin Mobil Dengan Baik – Semua kendaraan baik itu motor atau mobil perlu dipanaskan terlebih dulu mesinnya sebelum akan digunakan, hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada semua komponen yang ada didalam mesin dari kendaraan tersebut. Berbicara soal memanaskan mesin, kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara memanaskan mesin mobil yang baik dan benar, baik itu mobil dengan type injeksi, karburator dan matic.

Mesin mobil perlu dipanaskan terlebih dulu supaya oli pelumas mampu masuk kedalam ruang-ruang pada komponen mesin sehingga ketika mesin digeber tidak akan muncul gesekan atau benturan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Terutama bagi mesin mobil matic dan injeksi, memanaskan mesin mobil terlebih dulu sangat perlu untuk dilakukan setiap mobil akan digunakan.

Memanaskan mesin mobil juga merupakan salah satu perawatan yang memang diperlukan untuk menjaga performanya. Sebenarnya, memanaskan mesin mobil tidak perlu waktu yang lama cukup 5 menit setiap akan digunakan saja. Memanaskan mesin juga perlu dilakukan oleh mobil injeksi, karena kita tahu jika sirkulasi dari mesin mobil injeksi ini lebih cepat jika kita bandingkan mesin mobil lainnya seperti karburator.

responsive

Pada saat memanaskan mesin mobil, perhatikan bagian indicator temperature yang terdapat di area speedo meter, jika indicator temperature berada pada posisi mininal yakni di sepertiga jarum temperature. Nah, dengan demikian mobil sudah dalam kondisi siap pakai.

Jangan menginjak pedal gas ketika memanaskan mesin mobil, hal tersebut bertujuan agar komponen dalam mesin tidak rusak dan tetap awet. Jika pedal gas di injak pada saat memanaskan mobil, bisa saja membuat dudukan komponen didalam mesin menjadi bergeser. Nah, agar kotoran didalam komponen mesin keluar melalui pipa pembuangan, silahkan injak pedal gas namun dengan catatan mobil harus dalam keadaan berjalan, jangan dalam keadaan netral atau parkir.

Hal lain yang jangan dilakukan pada saat memanaskan mobil adalah membiarkan Ac menyala. Sebelum hendak memanaskan mesin mobil, ada baiknya anda mengecek Ac dan mematikannya. Ini dimaksudkan supaya power battery/accu mampu bekerja maksimal dalam mengalirkan listri secara penuh ke dynami starter mobil. Selain itu, rotasi mesin juga lebih enak dan ringan.

Demikian ulasan kami mengenai cara memanaskan mesin mobil ini, semoga ulasan kami bisa memberi manfaat lebih untuk anda semua yang membacanya. Sampai jumpa lagi.

responsive