Tips dan Trik Merawat Cat Mobil Agar Tetap Awet

responsive

Tips dan Trik Merawat Cat Mobil Agar Tetap Awet – Mobil merupakan sebuah kendaraan roda empat yang membuat penggunanya memiliki kebangaan tersendiri, karena mobil bisa membawa keluarga saat melakukan perjalanan ataupun liburan. Mobil juga merupakan kendaraan multifungsi, sehingga banyak orang yang menginginkanya untuk dipakai bekerja, liburan keluarga atau hal lainnya. Akan tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui tips merawat cat mobil agar terlihat mulus, kinclong dan tahan lama. Nah, bagi anda yang belum mengetahui tips dan triknya bisa melihat ulasan kami yang berikut ini.

Tampilan mobil tentu akan mencerminkan kepribadian sang pemiliknya, tentu kebanyakan pengguna kendaraan roda empat ini tidak ingin melihat tunggangannya terlihat kusam atau jelek. Biasanya para pengguna mobil, memilih mengganti cat mobilnya jika sudah terlihat kusam, namun proses pengecetan memerlukan waktu yang tidak sebentar dan biaya yang dikelaurkanpun cukup mahal.

Merawat serta menjaga kondisi cat mobil merupakan langkah terbaik jika ingin cat body mobil anda tetap mengkilap dan kinclong. Penasaran dengan tips dan triknya? Simak ulasan kami mengenai cara merawat cat mobil supaya tetap awet dan bersih.

responsive
  • Pertama, hindari kendaraan anda dari sinar matahari dan sinar UV yang berlebih. Carilah tempat yang teduh jika ingin memarkir mobil dalam waktu lama. Namun sekarang ini jarang bisa dijumpai tempat parkir teduh, langkah terbaik adalah dengan memanfaatkan sarung penutup mobil.
  • Lalu, gunakan shampoo/sabun mobil saat ingin mencuci mobil anda, karena shampoo khusus mobil memiliki PH yang sesuai untuk cat mobil. Hindari penggunaan sabun colek atau deterjen karena bisa membuat body menjadi tipis dan kasar.
  • Gunakan kain/lap halus untuk membersihkan body mobil, misalnya seperti kanebo atau chamois. Jika tidak ada, bisa memanfaatkan kain halus lainnya. Pastikan juga kain yang digunakan dalam keadaan bersih dan jika terdapat kotoran bisa menyebabkan cat menjadi baret dan terlihat kotor.
  • Masih berkaitan dengan kain lap, pada saat membersihkan body pastikan body dalam keadaan basah, jika kering siram dulu dengan air. Karena mengelap body saat kering akan menggores bcat mobil karena terdapat kerikil kecil yang melekat pada body. Gunakan juga pelumas khusus saat mengelap body mobil dan tidak mengulangi pengelapan pada bagian yang telah bersih sempurna.
  • Cucilah mobil anda secara berkala, langkah ini bertujuan supaya kotoran tidak terlalu lama menempel pada body cat mobil, minimal seminggu sekali ketika musim panas, dan sesering mungkin pada saat musim penghujan. Karena air hujan yang terlalu lama dibiarkan akan memudarkan cat karena mengandung zat asam yang tinggi.
  • Terakhir adalah hindari memarkir kendaraan ditempat terbuka saat malam hari karena air embun akan membuat cat pudar dan mengurangi daya tahan cat. Jika dibiarkan secara terus menerus, body mobil akan menimbulkan retak rambut. Gunakan sarung penutup saat memarkir kendaraan untuk jaga-jaga cat terkena benda yang bisa menggoresnya.

Menjaga dan merawat cat mobil akan mudah jika sudah terbiasa, lakukan tips dan trik yang sudah kami bagikan secara berkala agar kondisi cat mobil anda tetap terjaga ketahanannya. Sekian dulu pembahasan kami kali ini tentang tips cara merawat cat mobil agar tetap awet ini. Sampai jumpa lagi.

Incoming search terms:

agar mobil tetap awet dan responsif

responsive