Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Dengan Benar

responsive

Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Dengan Benar – Perawatan pada ban mobil merupakan salah satu kewajiban bagi para pengguna kendaraan karena ban termasuk komponen penting dan berpengaruh untuk sebuah kendaraan. Meskipun ban mobil mempunyai batas pakai atau masa kadaluarsa, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini asalkan anda merawatnya secara baik dan benar. Nah, pada pekan kali ini kami akan mencoba membagikan tips dan trik merawat ban mobil agar tahan lama dan awet, pastinya akan memberi rasa aman ketika berkendara.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika ban merupakan komponen vital pada mobil yang berfungsi sebagai kaki-kaki kendaraan roda empat tersebut. Ban juga akan sangat berpengaruh pada perfoma mobil saat melaju dijalan raya, sehingga perlu adanya langkah perawatan yang baik supaya nantinya ban dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Nah, untuk itu mari langsung saja kita intip tips dan triknya sebagai berikut.

Namun, sebelum kita masuk ke tahapan perawatan ban mobil, alangkah baiknya kita perlu mengetahui akibat yang ditimbulkan jika pemilik kurang memeriksa kondisi ban kendaraannya. Berperan sebagai komponen fital pada sebuah kendaraan, ban mobil perlulah mendapat perawatan khusus dan tidak boleh dilewatkan begitu saja tanpa adanya pemeriksaan terhadap kondisi ban itu sendiri. Kondisi ban yang sudah berumur akan membuat keseimbangan mobil terganggu dan resiko kecelakaan akan bertambah. Maka dari itu, perlu adanya perawatan ban mobil secara berkala agar tahan lama dan awet. Berikut tips dan trik merawat ban mobil yang baik dan benar.

responsive
  • Periksa Tekanan Udara Ban Mobil

Tips pertama adalah dengan memeriksa tekanan udara ban mobil anda. Tekanan udara memiliki peranan penting dalam menjaga ketahanan ban itu sendiri. Ban dengan tekanan udara rendah akan membuat ban cepat aus dan rusak, sementara jika tekanan udara berlebihan akan membuat ban cepatt robek sehingga dapat membahayakan keamanan pengendara karena akan memaksa ban bergesekan dengan aspal dan sewaktu-waktu bisa meledak. Maka dari itu sesuaikan tekanan udara pada ban kendaraan sesuai dengan kondisi dan waktu tempuh perjalanannya.

  • Spooring dan Balancing

Berikutnya adalah dengan melakukan Spooring dan Balancing. Dimana cara tersebut dilakukan untuk menjaga kestabilan pada ban kendaraan roda empat yang anda miliki. Ban yang sering digunakan biasanya akan cepat merubah dudukan atau posisinya menjadi tidak stabil, maka dari itu lakukan cara ini setiap jarak tempuh 5000 km. Lakukan langkah Spooring dan Balancing ini agar kestabilan ban tetap terjaga dan yang pasti akan menjaga keselamatan anda selama berkendara.

  • Berkendara yang Baik dan Benar

Menerapkan tata cara berkendara yang baik akan menjaga daya tahan ban yang dipakai. Contohnya ialah dengan tidak mengubah kecepatan kendaraan secara drastis, tidak membawa beban melebihi kapasitas kendaraan anda hingga tidak mengerem mobil secara mendadak karena akan memaksa ban bergesekan dengan aspal sehingga akan cepat mengikis ban. Dengan menerapkan perilaku tersebut selama berkendara akan membuat ban menjadi awet dan tahan lama.

Nah, demikianlah tips dan trik merawat ban mobil yang baik dan benar, sehingga menjadikan ban mobil menjadi awet dan tahan lama. Selain itu, kenyamanan dan keamanan selama berkendara tetap terjaga. Cobalah terapkan cara-cara merawat ban diatas secara berkala agar ban senantiasa awet dan anda bisa terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Sekian ulasan kami tentang cara merawat ban mobil agar tetap awet, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dilain waktu.

responsive