Tips dan Trik Melepas Dan Mengganti Bearing CVT

Tips dan Trik Melepas Dan Mengganti Bearing CVT – Berbicara mengenai bearing CVT, dalam motor ia berfungsi sebagai penyangga, walaupun penggunaanya tidak duduk sampai 100%, namun bearing dapat bergerak berputar sampai cepatnya serupa dengan putaran roda. Bila bearing bermasalah, maka besar kemungkinan kinerja putaran roda dalam motor akan tersendat, dan permasalahan inilah yang bisa saja merembet ke bagian lain. Selain itu hal ini yang juga menimbulkan bunyi berisik di kendaraan bermotor, terutama pada motor matic. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami ingin share informasi tentang cara melepas dan mengganti bearing CVT.

Dalam motor matic, sebut saja Honda Beat ketika terdengar bunyi grok grok dibagian blok CVT yang juga berasal dari bearing rumah CVT yang sudah aus boshing kuningannya, permasalahan seperti itu dipastikan tidak akan bisa menahan putaran pulley di belakang. Untuk itu dalam mengatasinya kita harus melepas kemudian mengganti bearing CVT dengan yang baru. Penasaran seperti apa tutorialnya? silahkan anda lihat info selengkapnya dibawah ini.

Cara Melepas Dan Mengganti Bearing CVT

Alat dan Bahan :

  • Kunci T-8 mm,
  • kunci pas 14
  • Kunci 16 mm,
  • bearing remover harga Rp 850 ribu (yang berisi 7 varian tools bantu).
  • obeng kembang,

Cara Membuka dan Ganti Bearing CVT

1. Langkah pertama silahkan buka baut 8 mm, disitu ada 13 buah baut 8 mm yang jadi sanggahan utama cover CVT
2. Selanjutnya buka cover plastik yang terdapat didalamnya, karena ada baut yang harus di buka dari belakang.
3. Untuk membukanya anda harus hati-hati sebab, ada gasket didalanya, jika telah telanjur korek part memakai kode 5TL-E5411-00-33 ini dijual dengan banderol harga kisaran 20 ribu rupiah.
4. Gunakan bearing remover untuk dapat membuka bearing dengan mudah, masukan bearing rotor tip lalu kencangkan menggunakan kunci 14 dan 16 yang arahnya berlawanan.
5. Walaupun hanya tinggal membuka, maka anda juga harus hati-hati Karena systemnya tarik, sehingga butuh tenaga lebih
6. Untuk proses penggantian bearing anda dapat menggunakan part no 93300-638Y6 dengan seri beringnya 628Z, agar lebih mantap, namun sebelum dipasang, sebaiknya lumuri dulu menggunakan gemuk dipermukaan bearing tersebut.

Baca juga : Cara Memasang Voltmeter di Yamaha Vixion

Demikian informasi mengenai Melepas Dan Mengganti Bearing CVT yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat anda yang ingin mengganti bearing CVT.