Tips dan Trik Cara Merawat Mobil Bekas Dengan Mudah

Tips dan Trik Cara Merawat Mobil Bekas Dengan Mudah – Membeli mobil bekas memang tidak ada salahnya jika pendanaan tidak mendukung, selain memiliki harga yang terjangkau, memilih mobil bekas juga merupakan tahap awal pengenalan komponen mesin dan cara merawatnya. Ya, tidak salah memang jika kita ingin membeli mobil bekas, namun kembali lagi pada selera serta biaya yang dimiliki. Selain itu, kita juga mesti pintar-pintar dalam membeli mobil bekas, kondisi mesin harus tetap prima dan sehat.

Hindari pembelian mobil bekas yang habis terendam banjir, karena akan membuat anda repot terlebih lagi dalam sektor perawatan dan perbaikan, yang mana biasanya mesin hingga kelistrikan merupakan salah satu bagian yang memang mudah rusak akibat terendam banjir. Selain dua komponen yang telah disebutkan tadi, masih ada lagi bagian yang memang perlu adanya perawatan, seperti tangki bbm, kabin interior dan masih banyak lagi, pasti anda harus merogoh kocek cukup banyak untuk biaya perbaikan.

cara-merawat-mobil-bekas

Jika mobil bekas yang anda beli masih dalam kondisi fit, anda tidak perlu membawanya ke bengkel resmi untuk merawatnya, karena kalau bagian-bagian seperti mesin hingga ruangan interior masih mulus cukup dengan perawatan sederhana saja. Namun, perawatan tersebut harus dilakukan secara berkala untuk meminimalisir gangguan yang akan merepotkan anda sebagai pemiliknya.

Untuk anda yang memang tertarik untuk membeli mobil bekas dan bingung mengenai cara perawatannya? Ada baiknya anda simak saja ulasan kami yang satu ini.

  1. Lakukan perawatan pada pada bagian kaki-kaki mobil misalnya skok/per, rem, ban hingga sil-sil untuk mengurangi kerusakan.
  2. Ganti oli mesin secara rutin, oli sendiri mampu mengurangi gesekan atau benturan antar komponen dalam mesin. Jika oli kurang atau sudah lama tidak diganti tentu akan menggangu kinerja komponen dalam mesin sehingga mobil tidak nyaman ketika digunakan.
  3. Periska bagian radiator, radiator sendiri bertugas sebagai pendingin suhu mesin mobil. Gantilah air radiator secara rutin serta periksa apakah terjadi kebocoran atau tidak, jika kebocoran sudah terjadi segera perbaiki ke bengkel resmi terdekat.
  4. Tangki bahan bakar, komponen ini perlu juga perawatan dan pemeriksaan yang rutin, jangan sampai tangki kosong karena akan menimbulkan kerak yang bisa saja membuatnya bocor.
  5. Selanjutnya timing belt, bagian ini berguna untuk meneruskan roda gigi yang tersambung ke komponen lain didalam mesin. Usia timing belt sendiri bisa dilihat dari jarak tempuh, biasanya 40.000 km.
  6. Tune up, lakukan cara ini minimal dua bulan sekali. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan apakah kondisi filter bahan bakar, busi dan oli tetap dalam kondisi baik dan prima.
  7. Cat mobil, jangan terlalu lama terkena air laut ataupun air hujan, karena dapat menyebabkan cat menjadi rusak karena kedua cairan tersebut mengandung zat asam yang cukup tinggi.

Nah, itu tadi beberapa cara sederhana merawat mobil bekas yang baik dan benar yang sudah kami rangkum untuk anda semua. Semoga bisa memberi manfaat dan pengetahuan lebih untuk anda yang bingung dalam merawat mobil bekas. Sampai jumpa lagi.

Advertisement
Tips dan Trik Cara Merawat Mobil Bekas Dengan Mudah | acim sucipto | 4.5