Tips dan Trik Cara Gamti Cairan Coolant Yamaha NMAX

responsive

Tips dan Trik Cara Gamti Cairan Coolant Yamaha NMAX – Yamaha NMAX, ya salah satu motor skuter matik besutan Yamaha yang dibekali dengan mesin 150 cc responsif dan powerfull. Matik berkapasitas cc mantap tersebut memang jawaban untuk para konsumen yang mendambakan motor matic dengan tenaga mesin mantap dan beda dari motor matic lain.

Selain itu, yamaha nmax bukan satu-satunya motor matic 150 cc yang ada, tercatat nama Honda Vario dan PCX yang juga mengusung mesin berkapasitas sama, yakni 150 cc. Namun jika dilihat dari sisi desain, NMAX bisa dibilang membawa desain body yang bongsor ketimbang para pesaingnya. Untuk lebih tau tentang spesifikasi lebih jauh tentang Yamaha NMAX bisa membaca artikel lain yang telah disediakan, pasalnya untuk perjumpaan pekan ini kami akan mencoba membagikan tips cara mengganti air radiator untuk Yamaha NMAX.

Tentu kita sudah mengetahui jika radiator pada sebuah kendaraan memiliki fungsi yang cukup vital, yakni untuk mendinginkan suhu mesin yang panas karena dibawa menempuh jarak yang jauh. Didalam radiator tentu ada air radiator atau coolant yang juga memiliki fungsi penting, yakni menyerap panas berlebih dari mesin yang melalui water jacket dibagian silinder dan di kepala silinder.

responsive

Suhu panas dari mesin tersebut selanjutnya didorong atau ditekan menuju radiator lewat pipa kecil yang didalamnya terdapat coolant dalam jumlah yang banyak. Sampai disini suhu mesin akan kembali diturunkan. Setelah didinginkan kemudian cairant coolant akan berputar lagi menuju mesin. Nah, untuk itulah kita seharusnya rajin mengecek air radiator atau coolant secara berkala agar radiator dan mesin tidak ngadat.

Inilah tips cara mudah mengganti coolant Yamaha NMAX sendiri dirumah :

  1. Lepaskan dulu baut cover motor ini dengan kunci T8, lalu anda bisa membuka tutup radiator dan tutup lubang pembuangan radiator dibawah memakai obeng kembang (obeng plus), putar counter-clockwise yang ada.
  2. Kemudian silahkan tampung coolant lama pada wadah agar tidak mengotori lingkungan, pastikan juga akalu semua air sudah dibuang habis. Sedangkan cairan radiator di dalam tabung reservoir tidak akan terbuang, karena letaknya yang berbeda dari radiator.
  3. Agar anda bisa membuang coolant pada tabung reservoir, silahkan cabut selang tabung reservoir tersebut dibagian bawah, caranya bukalah 4 clipper dibagian alas pijakan kaki memakai obeng pkembang (obeng plus). Setelah itu tusuk tengah komponenclipper dan tarik hingga terlepas, silahkan copot selang dengan membuka penjepit selang tersebut dengan tang.
  4. Lepaskan bagian karet pijakan kaki, cover penutup dan juga penutup tabung reservoir, caranya tarik ke atas sampai terlepas semua.
  5. Silahkan buang coolant dibagian tabung reservoir tersebut, pastikan jika terbuang semua. Jika sudah, anda bisa memasang lagi penutup lubang pembuangan radiator dan pasangkan juga selang tabung reservoir nya.
  6. Kemudian silahkan isi ulang kembali air radiator sampai hampir penuh dan jangan sampai berlebihan atau tumpah.
  7. Lalu pasangkan juga cover tabung reservoir, karet penutup dan karet pijakan kaki yang anda lepas kembali.
  8. Nyalakan mesin sambil membiarkan radiator terbuka, dan lihat batas ketinggian dari cairan radiator tersebut apakah tetap atau malah meluap, jika memang meluap maka langsung matikan mesin motor dan tutup rapat radiatornya.
  9. Anda dapat memasang kembali bagian-bagian yang dilepaskan tadi ke tempatnya lagi.

Baca Juga : Cara Mengganti dan Memasang Rantai Yamaha Vixion

Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai cara mengganti air radiator Yamaha NMAX mudah dan simpel. Semoga ulasan kami bisa bermanfaat dan memberi wawasan lebih bagi anda.

Incoming search terms:

  • coolant nmax
  • cairan pendingin motor nmax
  • cara mengetahui pendingin/motor nmax#spf=1
  • cara mengecek radiator motor nmax
  • cara mengecek ketinggian coolant nmax
  • cara menambah air radiator nmax
  • cara kuras air coolant nmax
  • cara ganti air radiator nmax
  • beda engine coolant dan radiator nmax
  • tempat isi air radiator yamaha nmex

responsive