Tips Cara Menyetel Ulang Oli Samping Ninja 150 Series

Tips Cara Menyetel Ulang Oli Samping Ninja 150 Series – Umumnya, hampir semua produsen motor 2 tak seperti Kawasaki telah menyetel oli samping sesuai standarnya. Contohnya pada kawasaki ninja yang memang sudah disetel sedemikian rupa agar oli sampi tetap pada level aman, namun bagi para penghobi modifikasi yang memang selalu mengganti suku cadang asli dengan variasi atau racing tentu bisa mempengaruhi pada kinerja motor.

Contoh kecilnya pada bagian knalpot asli yang diganti dengan knalpot variasi atau racing dan secara tidak langsung mereka harus melakukan penyetelan ulang pada komponen-komponen lain, seperti pada setelan oli samping dan suplayer yang diganti ke racing dengan tujuan untuk menyesuaikan.

Nah, bagi anda yang hobi melakukan modifikasi khususnya pada motor kawasaki ninja. Maka langkah menyetel oli samping perlu anda ketahui. Hal tersebut bertujuan menyesuaikan dengan performa mesin yang dikeluarkan setelah melewati langkah modifikasi.

Memang, masih sedikit orang yang mengetahui tentang cara menyetel ulang oli samping ninja. Maka dari itu kami disini akan mencoba mengajak anda untuk mengetahui tips cara menyetel ulang oli samping ninja yang baik dan benar. Bagaimana, sudah penasaran? Mari langsung saja kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara menyetel oli samping motor ninja :

  1. Lepaskan 3 baut berukuran 8 mm yang ada pada bagian diid tarik depan dengan kunci pas.
  2. Kemudian akan terlihat komponen cover dust pada pompa oli samping motor ini.
  3. Jika sudah, copot 2 baut pengikat cover pompa oli memakai oli kembang (+).
  4. Setelah tarik kebawah bagian penutup debu secara hati-hati. Ditahap ini akan ada tanda minus (-) di samping body oil pump dan tanda serupa di tuas penggerak pompa.
  5. Hidupkan mesin jangan terlalu lama kurang lebih selama 3 menit saja, lalu matikan.
  6. Lalu tarik tuas gas sampai full dan lihat pada kedua tanda minus (-) di bagian pompa dan body pompa oli telah sejajar atau tidak.
  7. Kalau sejajar, itu artinya setelan oli samping masih sesuai standar pabrikan, dengan demikian konsumsi bahan bakar masih sesuai standar dari pihak Kawasaki.

Sedikit informasi untuk anda, kalau anda melakukan modifikasi pada komponen mesin misalnya knalpot, karburator hingga pilot jet/main jet. Maka secara otomatis anda perlu melakukan penyetelan ulang oli samping. Hal ini supaya kinerja mesin motor tidak terasa aneh dan bisa lebih nyaman saat digeber dijalanan. Demikianlah ulasna kami tentang cara menyetel oli sampi motor ninja sendiri dirumah. Sampai jumpa lagi.