Komponen Dan Fungsi Mesin Injeksi Pada Sepeda Motor

responsive

Komponen Dan Fungsi Mesin Injeksi Pada Sepeda Motor – Saat ini banyak perusahaan motor yang telah menggunakan mesin injeksi untuk motornya. System mesin injeksi telah disetting secara elektronik dengan sensor khusus yang disetel oleh pabrik. Teknologi ini awalnya diterapkan pada motor Honda dan kini banyak digunakan untuk berbagai perusahaan kendaraan bermotor seperti yamaha, Suzuki dan lain lainnya. Agar anda lebih tahu mengenai komponen dan fungsi mesin injeksi motor anda, berikut kami berikan penjelasannya.

Komponen dan fungsi mesin injeksi pertama adalah ecmatau electronic control module. Fungsi dari komponen ini untuk menerima sinyal dari berbagai sensor. Sensor ini akan bekerja di berbagai kendaraan operasional mesin kemudian ecm akan mengolah data dan membandingkan dengan parameter yang ada.

Kemudian akan memerintahkan actuator sesuai dengan kebutuhan mesin. Komponen selanjutnya adalah IAT (intake air temperature sensor)berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke manifold. Hal ini akan mempengaruhi air ratio correction. Hal ini menunjukkan bahwa volume bahan bakar ke injector dipengaruhi oleh suhu udara yang masuk kedalam manifold.

responsive

Komponen dan fungsi mesin injeksi selanjutnya adalah TP (throttle position sensor) merupakan sensor yang mendeteksi adanya pembukaan throttle valve atau skep gas yang berpengaruh terhadap beban maksimum. MAP (manifold absolute pressure) fungsinya untuk mendeteksi kevakuman yang terjadi pada bagian intake manifold, komponen penting mesin injeksi selanjutnya adalah BAS (bank angle sensor) berfungsi untuk mematikan mesin saat berada pada kemiringan 55,5 derajat. Komponen ini akan berfungsi ketika anda jatuh dari motor maka motor akan mati secara otomatis mesinnya.

Komponen dan fungsi mesin injeksi lainnya ada engine oil temperature atau pendeteksi panas oli. Injector dan fuel pump yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke dalam injector. Skema dari input dan outpot ECM sendiri meliputicranck pulse, oil temp, bank angle, map, tp dan iata kemudian outputnya berupa fuel pump, injector dan indicator mil. Semua komponen ini mensupportmesin injeksi.

Baca juga : Trik Jitu Memperbaiki Vixion Brebet

Komponen dan fungsi mesin injeksi yang menjadi otaknya adalah ECM, kemudian ada beberapa komponen pendukung lain seperti MAP, BAS, injector, fuel pump dan lain lain.

Incoming search terms:

  • foto komponen komponen sepedah motor

responsive