Inilah Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin Yang Sering Terjadi

responsive

Inilah Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin Yang Sering Terjadi – Di cuaca yang semakin panas seperti ini, kegunaan ac memang sangat membantu. Terutama ketika berkendaraan, ac di dalam mobil membuat berkendara semakin nyaman. Terkadang tiba-tiba ac mobil tidak dingin. Ada banyak sekali hal yang menyebabkan ac mobil tiba-tiba tidak dingin. Ac yang tidak bekerja dengan baik memang menjadi masalah tersendiri dan sangat mengganggu ketika menyetir kendaraan. Biasanya suhu di dalam kabin dan di luar ruangan mempunyai selisih 10 derajat celcius. Jadi kalau suhu di luar ruangan 32 derajat celcius, suhu di dalam kabin 22 derajat celcius sudah termasuk dingin. Pengukuran suhu ac bisa melalui agril ac dashboard. Berikut ini beberapa penyebab ac mobil kurang dingin.

  • Freon Habis Dan Drive Belt Putus

 Freon merupakan bagian yang paling penting pada komponen ac. Biasanya keadaan Freon yang habis atau kurang menjadi penyebab utama ac mobil kurang dingin. Freon yang berkurang karena adanya bagian yang bocor pada sistem ac. Pada tekanan 120 psi, biasanya Freon belum terlalu berkurang dan tidak menyebabkan ac tidak dingin. Tapi jika Freon sudah benar-benar habis, ac mobil sudah tidak bisa menghasilkan dingin lagi. Selain Freon habis, drive belt yang putus juga bisa menyebabkan ac mobil kurang dingin. Drive belt atau fan belt ac yang putus tentunya akan membuat ac tidak dingin lagi, karena drive belt berfungsi untuk mesin putaran dari kompreson ac.

  • Kondesor Kotor dan Motor Cooling Fan Yang Mati

Penyebab ac mobil kurang dingin selanjutnya adalah kondesor yang kotor dan motor cooling fan yang mati. Bagian kondesor dan radiator yang kotor disebabkan oleh adanya debu. Sehingga menyebabkan karatan, sirip permukaan tertekuk sehingga membuat pembuangan ac dari Freon gas panas dan tekananya tinggi. Selain bagian kondesor dan radiator yang kotor, bagian motor cooling fan yang mati juga bisa menyebabkan ac menjadi tidak dingin. Jika cooling fan mati maka putarannya melemah membuat pembuangan panas di dalam kondesor terhambat. Inilah yang membuat suhu dinginya tidak terasa.

responsive

Sebenarnya masih banyak hal yang menjadi penyebab ac mobil kurang dingin. Seperti field coil yang putus, tekanan di dalam sistem ac yang terlalu berlebihan, oli compressor yang berlebihan, bagian kompresor yang sudah aus, bagian evaporator yang tersumbat atau kotor, terjadi overheating dan masih banyak lainnya. jika ac di dalam mobil tidak terasa dingin cobalah untuk mengecek bagian-bagian tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga : Inilah Cara Kerja Sistem Immobilizer Kendaraan Mobil

Penyebab ac mobil kurang dingin sangat banyak sekali seperti bagian komdesor yang kotor, cooling fan yang rusak dan masih banyak lainnya.

responsive