Inilah Masalah Power Steering Yang Sering Terjadi

Inilah Masalah Power Steering Yang Sering Terjadi – Masalah power steering yang berbunyi atau pompa yang aus memang sudah sering dialami. Pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru sudah terdapat EPS ( Elektric Power Sterring). Dengan menggunakan sistem tersebut membuat kemudi menjadi lebih ringan. Tetapi pada jenis mobil keluaran lama masih menggunakan jenis power strering hidrolik. Jenis ini akan bekerja jika sudah di pompa dengan cairan, sehingga membuat tekanan pada setiran. Pompa mesin tersebut akan di gerakan melalui V-belt . Masalah yang sering terjadi adalah sistem power steering hidrolik yang bocor karena bagian karet yang aus. Masalah power steering yang sering terjadi ini memang sudah biasa dialami. Berikut ini beberapa penyebab power steering rusak.

  • Umur Power Steering

Jika umur power steering sudah lebih dari 5 tahun dan jarak tempuh yang digunakan lebih dari 100 ribu km, biasanya power steering lebih cepat rusak. Terutama pada bagian seal rack steer dan bagian selang. Hal ini dapat dilihat dari bagian teteasan oli yang berasal dari rumah rack. Selain itu ketika menyetir di belokan akan mengeluarkan suara dengungan atau suara bedecit seperti sebuah gesekan benda. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan rajin mengecek bagian oli power steering. Jika oli kurang bisa menambahkannnya. Anda juga bisa mengganti bagian sealnya.

Google Adsense Here
  • Karet Boott Rack Steer Robek

Masalah power steering yang sering terjadi adalah karet pada bagian boot rack steer yang robek. Hal ini bisa disebabkan oleh usia atau tersangkut benda karena letaknya di bagian bawah. Sehingga membuat karet boot rack steer robek. Jika hal ini dibiarkan begitu saja akan membuat air, debu, dan pasir dapat masuk ke bagian dalam rack steer dan membuatnya menjadi berkarat. Tak hanya menyebabkan rack steer berkarat, tetapi bisa menyebabkan bagian permukaannya tergores dan seal olinya bocor. Gejala awal yang ditimbulkan biasanya stir yang akan terasa semakin berat dan akan mengeluarkan bunyi ketika berbelok.

Selain kedua penyebab diatas, masalah power steering yang sering terjadi juga bisa disebabkan penambahan oli power steering yang tidak tepat, pemakaian power steering yang tidak wajar dan masih banyak lainnya. Jika hal tersebut sudah muncul, segeralah mengecek bagian power sterring anda. Jika perlu diganti segeralah diganti, sehingga stiran anda semakin ringan dan nyaman. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa membahayakan anda ketika menyetir. Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda yang sedang ada masalah di power sterring mobil anda.

Baca juga : Inilah Ciri – Ciri Alternator Rusak Dan Penyebabnya

Masalah power steering yang sering terjadi memang harus segera diatasi, supaya tidak mengganggu anda ketika mengemudi.

Incoming search terms:

  • cara ganti seal rack power steering
  • cara memecahkan masalah powersteering
  • ciri rack steer rusak