Inilah Jenis – Jenis Accu Sepeda Motor Yang Perlu Anda Ketahui

responsive

Inilah Jenis – Jenis Accu Sepeda Motor Yang Perlu Anda Ketahui – Sepeda motor tanpa aki tidak akan pernah bisa digunakan. oleh karena accu mempunyai peranan yang sangat penting sekali. Ada beberapa jenis accu sepeda motor yang sering digunakan. accu pada sepeda motor berfungsi sebagai penyimpan listrik dan baterai. Jenis accu yang biasa digunakan pada sepeda motor mempunyai tegangan 12 volt dan untuk kapasitasnya bermacam-macam tergantung jenis sepeda motornya. Ada yang 2 ampere sampai 8 ampere. Di dalam accu terdapat sel-sel yang dapat menyimpan arus listrik dengan adanya bantuan dari elektrolit H2SO4. Berikut ini jenis-jenis accu sepeda motor yang paling banyak digunakan di pasaran.

Aki Basah

Jenis accu yang sering digunakan pada sepeda motor adalah aki basah.Aki basah merupakan aki yang paling umum digunakan di pasaran. Untuk menemukan jenis aki ini sangatlah mudah. Di bengkel-bengkel motor biasa saja ada banyak sekali. Aki standar yang digunakan pada sepeda motor adalah aki basah. Dari dulu zaman sepeda motor yang menggunakan karburator sampai sepeda motor injeksi, pasti menggunakan jenis aki basah. Aki ini sangat mudah perawatannya. Kelebihan dari aki basah antara lain harga yang murah, dapat digunakan berulang-ulang, dan mudah didapatkan. Untuk kekuranganya antara lain elektrolit yang mudah menguap, sehingga harus sering dicek ketinggian airnya.

responsive

Aki Kalsium

Jenis-jenis accu sepeda motor selanjutnya adalah aki kalsium. Jenis ini hampir sama dengan aki basah. Perbedaanya hanya pada letak kutub positif dan kutub negatifnya, kutub positif dan kutub negative pada aki kalsium menggunakan bahan kalsium, bukan asam sulfat. Untuk jenis aki kalsium memang lebih sulit untuk didapatkan. Tetapi cukup popular di kalangan para pecinta otomotif. Kelebihan dari aki kalsium adalah memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan aki basah, terutama dalam penyimpanan arus listrik. Kelemahanya kurang popular dibandingkan aki basah dan sulit untuk didapatkan.

Itulah beberapa jenis accu yang banyak digunakan pada sepeda motor. Masih ada banyak lagi jenis aki, antara lain aki hybrid, aki MF, aki gel dan masih banyak lainnya. memilih aki untuk sepeda motor tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pada saat membeli aki, jangan memilih aki yang kapasitasnya lebih kecil dibandingkan kapasitas aki aslinya. Sekian artikel kali ini mengenai jenis-jenis accu sepeda motor. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Jenis-jenis accu sepeda motor sangat banyak sekali, oleh karena itu harus dipilih sesuai dengan kebutuhan.

responsive