Inilah Ciri – Ciri Alternator Rusak Dan Penyebabnya

responsive

Inilah Ciri – Ciri Alternator Rusak Dan Penyebabnya – Di dalam sebuah mobil terdapat komponen yang sangat banyak sekali. Salah satunya adalah alternator. Alternator merupakan komponen pembangkit listrik utama yang mempunyai peranan sangat penting. Fungsinya untuk menyuplai energy listrik ketika mesin hidup atau aktif. JIka alternator rusak, maka aki akan langsung berganti peran menjadi pembangkit listrik. Alternator mempunyai tegangan yang lebih tinggi dibandingkan aki atau baterai. Alternator memang bekerja dengan keras sehingga cepat rusak. Oleh karena itu anda harus mengetahui ciri-ciri alternator rusak dan apa saja yang menyebabkan alternator pada kendaraan anda rusak. Mari kita bahas satu-satu dibawah ini.

Tanda-Tanda Alternator Mobil Rusak

Berikut ini beberapa tanda alternator mobil sudah mulai rusak:

responsive
  1. Alternator mengeluarkan bunyi. Bunyi ini disebabkan oleh bearing alternator yang rusak sehingga mengeluarkan suara keras dari alternator. Selain itu juga bisa disebabkan oleh diode rectifier alternator yang putus.
  2. Pada bagian lampu indicator aki menyala pada saat mesin hidup. Hal ini menandakan alternator tidak bisa membangkitkan listrik dengan baik.
  3. Walaupun anda sudah ganti dengan aki yang baru, tetapi aki masih tidak kuat untuk starter atau selalu tekor. Ini menandakan tegangan out put kurang.

Faktor Penyebab Alternatir Mobil Rusak

  1. Diatas saya sudah sebutkan apa saja ciri-ciri alternator rusak, sekarang saya akan menyebutkan mengenai faktor apa saja yang menyebabkan alternator mobil rusak:
  2. Setelan pada bagian ket out eksternal voltyage regulator pada mobil yang masih menggunakan jenis cut out.
  3. Bagian diode rectifier ada yang putus p[ada bagian alternator IC regulator sehingga membuat kuat arus yang dikeluarkan alternator tidak maskimal.
  4. Kontak antara rotor slip rings dengan carbon brush tidak bagus sehingga membuat arus listrik ke rotor coil pada bagian alternator terhambat.

Overcharge atau overcast juga bisa membuat alternator mobil cepat rusak. Jika out put alternator lebih dari 15 volt makan aki semakin panas dan alternator semakin mendidih. Jika hal ini terjadi anda harus segera mendinginkan alternator mobil anda. supaya mesin mobil tidak semakin panas. Jika alternator sudah rusak, lebih baik segera diganti yang baru. Supaya mesin mobil bisa bekerja dengan baik. itulah beberapa ciri-ciri alternator rusak yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Baca juga : Contoh Gambar Modifikasi Yamaha Nmax Terbaru

Ciri-ciri alternator rusak harus segera diketahui supaya anda bisa segera mengatasinya dan mengganti yang baru.

Incoming search terms:

ciri-ciri cut out rusak,penyebab alternator panas,ciri ciri alternator rusak,penyebab alternator rusak,ciri ciri cutout rusak,alternator rusak,penyebab altenator rusak,apakah alternator rusak bisa sebabkan panas mesin,apa yg menyebabkan alternator rusak,alternator motor matic

responsive