Inilah Cara Pasang dan Lepas Piston Honda Tiger Dengan Mudah

Inilah Cara Pasang dan Lepas Piston Honda Tiger Dengan Mudah – Naik turunnya komponen piston pada bagian blok silinder itu adalah gaya tekan dan gesek dari pada piston itu sendiri. Jika dari prosesnya sendiri, kedua piston kanan dan kiri bakal menerima tekanan yang berbeda dari bagian setang piston karena disebabkan oleh gaya putar dari kruk as. Nah, untuk itu anda perlu memperhatikan cara pemasangan piston, khususnya piston lawas, semisal pada piston milik Honda Tiger lawas. Pasalnya pada varian honda tiger lawas terdapat jarak titik tengah lubang pin ke sisi luar piston (offsite), beda dengan piston yang dimiliki motor terbaru masa kini. Untuk varian piston lama, lubang pin cenderung menuju pada bagian atau arah lubang pembuangan atau istilahnya exhaust.

Halt tersebut karena bertujuan agar posisi dari pins piston serta pin kruk as tidak searah atau tidak sejajar. Sehingga pada saat proses pemabakaran nanti, piston dan kruk as bisa berputar kembali secara normal dan tanpa masalah atau hambatan. Kalau salah-salah dalam memasang piston atau piston terbalik, maka efek yang ditimbulkan adalah kurangnya tenaga mesin yang dikeluarkan walau gas sudah ditarik penuh dan akan timbul suara kurang enak ketika mesin dinyalakan.

Google Adsense Here

Supaya lebih mudah pada saat pemasangan piston, khususnya untuk pengguna Honda Tiger lawas. Pihak pabrikan sendiri telah memberi tanda atau coakan dibagian permukaan piston. Biasanya tanda tersebut bisa berupa tulisan IN atau coakan tanda panah. Pada piston bertuliskan IN, posisikan tulisan tersebut pada lubang intake atau masuk. Dan pada piston bertanda panah, posisikan tanda panah tersebut di lubang exhaust (lubang buang).

Tapi tidak jarang juga, piston kehilangan tanda panah akibat gesekan bersama bor tunner. Apalagi jika motor tersebut memang sengaja diseting untuk balapan. Banyak diantara para mekanik motor yang memainkan tinggi dan rendahnya posisi kubah piston atau dome, hal ini dimaksudkan supaya bisa seimbang dengan kompresi dan tidak stop pada klep.

Nah, bagi anda yang ingin memasang piston honda tiger, tinggal lihat coakan yang ada di permukaan pistonnya, karena memang coakan atau tulisan IN dan tanda panah tersebut dibekali dimensi yang jelas berbeda. Hal tersebut memang disengaja untuk menyesuaikan dengan ukuran payung klep. Kini anda sudah bisa menentukan arah untuk memasang piston, posisikan kepala piston yang ada coakan besar ke lubang intake bahan bakar, biasanya memang posisinya menghadap ke arah lubang masuk tersebut.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan tentang cara memasang dan melepas piston Honda Tiger yang baik dan benar, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.

Incoming search terms:

  • cara ganti piston honda tiger
  • cara pasang piston
  • cara mengganti seher tiger sendiri
  • Cara mengganti seher motor honda tiger
  • cara memasang seker tiger yang benar
  • cara memasang seher tiger
  • cara melepaskan piston tiger
  • cara melepas piston motor tiger
  • cara lepas seher tiger
  • petunjuk cara menukar piston motor tiger