Inilah Cara Memasang Ring Piston Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Memasang Ring Piston Yang Baik dan Benar – Ring piston atau yang biasa disebut seher merupakan sebuah spare part motor yang terpasang di piston dan bagian ring piston tersebut bergesekan dengan yang namanya dinding liner mesin. Fungsi dari ring piston sendiri yakni sebagai komponen penahan kompresi mesin serta mengatur pelumasan disekotr dinding liner mesin.

Perlu kita ketahui dan perhatikan adalah ketika pemasangan, karena saat pemasangan ring piston tidak boleh ada kesalahan ataupun terbalik karena bisa menimbulkan hal-hal yang berbahay bagi motor dan si pengendara itu sendiri. Maka dari itu untuk anda yang ingin mencoba memasang ring piston sendiri dirumah, perlu menyimak ulasan kami tentang cara memasang ring piston yang baik dan benar dirumah.

cara-memasang-ring-piston-yang-baik-dan-benar

Sebelum pemasangan, ada baiknya anda memahami dan memperlajari permukaan warna, kode dan sudut dari ring piston itu sendiri. Pada permukaan ring kompresi dan ring oli jelas berbeda, pada ring oli memiliki gelombang sementara ring kompersi terlihat datar dan mengkilap. Jika pada ring kompresi terdapat tulisan N/T, maka usahakan menghadap ke atas dan menjadi ring kompresi ke 1/atas.

Jika warna yang cenderung lebih gelap atau bahkan kehitaman, itulah yang namanya ring kompresi ke 2/bawah.  Kalau dilihat lebih teliti, sudut pada ring kompresi piston memiliki perbedaan. Terdapat perbedaan antara ring kompresi ke 1 dan ke 2. Kalau salah-salah dalam menentukan yang mana ring kompresi 1 dan 2, maka ring piston tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya, dan motor anda masih tetap ngebul atau mengeluarkan asap (untuk motor 4 tak).

Walau fungsinya sama yakni menempatkan kompresi ruang pembakaran, namun tiap ring memiliki peran yang berbeda. Pada ring kompresi 1 dengan permukaan rata, fungsinya sebagai penekan dinding silinder sehingga kompresi tidak mengalami kebocoran. Untuk ring kompresi 2, memiliki permukaan cenderung menyudut. Selain bertugas untuk menjaga kerapatan,

fungsinya pun untuk membersihkan sisa lapisan oli ata minyak dibagian dinding silinder. Sehingga memungkinkan oli terbakar dan membuat keluar asap putih dibagian knalpot. Saat memasang ring kompresi, usahakan tidak menempatkan cla ring di satu titik saja, pasalnya akan membuat kebocoran kompresi. Bukan cuma itu saja, jangan menempatkan ujung dari ring kompresi di celah ujung cincin oli.

Demikianlah langkah atau cara memasang ring piston yang baik dan benar yang bisa kami paparkan untuk anda dipekan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Advertisement
Inilah Cara Memasang Ring Piston Yang Baik dan Benar | acim sucipto | 4.5