Inilah Cara Kerja Sistem Immobilizer Kendaraan Mobil

Inilah Cara Kerja Sistem Immobilizer Kendaraan Mobil – Banyak orang yang tidak tahu fungsi dari immobilizer pada mobil. Immobilizer sebenarnya berfungsi sebagai sistem keamanan mobil. Jadi ketika mobil anda dimasuki kunci yang salah, akan melumpuhkan mesin mobil, sehingga tidak bisa dinyalakan. Di dalam sistem immobilizer terdiri dari immobilizer control unit receiver lampu indicator, transponder yang terletak di bagian anak kunci kontak, IMOES Unit, ECM (engine Control module) dan PCM ( powetrain control Module). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara kerja sistem immobilizer. Supaya anda lebih paham dalam menggunakan sistem immobilizer ini.

Cara Kerja Immobilizer

Pada saat kunci kontak dimasukkan ke bagian ignition switch kemudian diputar ke posisi ON. Bagian immobilizer control unit receiver akan mengirimkan sinyal ke bagian transponer pada kunci kontak. Selanjutnya transponder yang terdapat di bagian kunci kontak akan mengirimkan sinyal balik yang berisi kode yang berjalan melalui immobilizer control unit receiver ke PCM atau ECM. Jika kode yang dimasukan sesuai dengan di PCM atau ECM maka mesin kendaraan akan bisa dinyalakan atau distarter. Jika kode yang dimasukan tidak sesuai atau tidak terdaftar di dalam PCM atau ECM, maka kendaraan anda tidak bisa dihidupkan atau di starter.

Cara kerja immobilizer ini bisa membuat kendaraan anda lebih aman. Setiap chip transponder memiliki kode yang sama akan tertanam didalam kunci mobil. Jadi jika anda kehilangan kunci immobilizer anda, akan lebih sulit menggantinya karena perlu biaya yang sangat mahal. Dibandingkan mengganti kunci mobil biasa. Lebih baik mengganti jenis kunci immobilizer di bengkel resmi mobil anda. Biasanya anda akan diminta surat BPKP mobil, STNK dan hanya pemilik asli yang dapat melakukan pergantian kunci.

Baca juga : Inilah Letak Sekring Audio Tape Mobil Avanza

Dengan mengaktifkan immobilizer membuat kendaraan anda lebih aman dari berbagai gangguan. Anda juga bisa menggunakan remote alarm untuk mengaktifkan sistem ini. hampir semua jenis mobil keluaran terbaru sudah menggunakan sistem ini. jadi memang lebih aman untuk menjaga mobil dari berbagai gangguan pencurian. Itulah sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai cara kerja sistem immobilizer. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Cara kerja sistem immobilizer sangatlah muda. Jika ada kunci yang kodenya tidak sesuai kendaraan tidak bisa dinyalakan.