Ciri dan Penyebab Suhu Mesin Mobil Cepat Panas

Ciri dan Penyebab Suhu Mesin Mobil Cepat Panas – Bagi para pengguna mobil yang kerapkali mesinnya cepat panas atau temperatur suhu cepat panas harap waspada! Jangan pernah menyepelakan masalah seperti ini dan masalah yang ditimbulkan karena mesin cepat [anas adalah kecelakaan, mobil mogok mendadak atau berhenti mendadak saat dalam kecepatan tinggi dan tentunya nyawa menjadi taruhannya.

Akan tetapi dilain kasus, mesin mobil menadadak mati saat perjalanan atau mogok ditengah jalan bisa juga dikarenakan decoil / coil yang tidak lagi normal, coil yang mengalami masalah saat mesin dalam suhu panas menyebabkan mesin mati, namun anda bisa menunggu sampai mesin kembali dingin dan mesin bisa dinyalakan lagi.

Secara umum, suhu mobil yang cepat panas biasanya hanya dialami oleh kendaraan yang sudah berumur. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat menimpa mobil yang baru, hal ini berkaitan dengan banyaknya oknum nakal yang nakal guna meraup kepentingan pribadi seprrti harga lebih murah dan persaingan antar dealer, demi selisih harga 1 sampai 3 juta disetiap unit membuatnya mengganti beberapa onderdil asloi dengan yang KW 2 dan yang asli disimpan untuk kemudian dijual kembali ke konsumen.

Berdasarkan pengalaman para pemilik mobil baru, kampas rem serta cakram yang baru berusia sebulan sudah blong atau ngelos, setelah diperiksa lebih teliti ternyata onderdil yang dipakai merupakan produk KW 3 dan bukan yang asli. Jadi, telitilah dalam memilih penjual mobil baru, jangan mudah tergoda oleh iming-iming harga yang jauh lebih murah dari biasanya karena akan sangat beresiko.

Dibawah ini beberapa faktor penyebab meisn mobil cepat panas atau overheat :

  • Kualitas oli / oli berkurang
  • Gangguan pada mesin
  • Cairan radiator / coolant
  • Thermostat
  • Kipas trouble
  • Radiator atau selang

1. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang

Oli yang berkualitas akan tahan terhadap panas. Penggunaan oli yang tidak berkualitas tentu akan membuat oli menguap dan membuatnya cepat berkurang, mesin mobil yang kekurangan oli tentu akan menjadikan performanya menjadi kasar akibat gesekan dan gesekan secara terus menerus akan menyebabkan suhu mesin cepat panas.

Jika oli berkurang tapi tidak karena oli yang jelek, periksa apakah mesin mengalami kebocoran serta tidak mengeluarkan asap putih di knalpot.

2. Gangguan Mesin

Gangguan mesin disini bisa karena penyebab sebelumnya (oli mesin berkurang), dan sebenarnya masih banyak lagi gangguan mesin seperti kerusakan komponen didalam mesin.

3. Cairan Radiator

Penggunaan air biasa / air sumur / air tanah dalam jangka waktu lama akan menimbulkan kerak pada radiator karena didalam cairan tersebut mengandung logam atau juga mineral. Ada baiknya, isi radiator dengan air sulingan AC atau air minum dalam kemasan serta cairan coolant khusus radiator. Akan tetapi jika telah terbiasa menggunakan air biasa kemudian diganti memakai cairan coolant akan membuat kerak dalam radiator rontok dan malah akan menyumbat radiator itu sendiri.

Jika memang terbiasa menggunakan air biasa (non coolant), ada baiknya lakukan pergantian sebulan sekali dan lihat airnya berubah menjadi keruh dan tidak jernih lagi. Ini termasuk perawatan radiator secara berkala. Namun jika memakai coolant, pastikan dulu apakah cairan tersebut berkualitas dan lakukan pergantian secara berkala.

4. Thermostat

Thermostat merupakan indikator alat pengukur suhu yang ada pada bagian mesin, periksa kondisi thermostat jangan sampai terjadi kerusakan. Thermostat yang rusak akan menujukan akurasi suhu atau temperature mesin yang tidak pas atau kurang akurat.

5. Kipas Trouble

Selanjutnya adalah bagian kipas trouble, periksa bagian yang satu ini apakah berjalan normal serta termasuk bagian switching otomatis yang ada dibagian kipas pendingin. Jika putaran kipas lemah, bisa dipastikan switching otomatis mengalami kerusakan.

6. Radiator dan Selang

Selalu periksa bagian radiator apakah masih dalam kondisi baik dan tidak mengalami kebocoran, tidak berkerak dan tidak tersumbat, termasuk juga bagian selang atau yang terhubung langsung ke radiator. Jika suhu mesin cepat naik karena telah terjadi masalah pada radiator, segera bawa ke tempat servise atau bila memungkinkan lakukan pergantian. Air radiator atau coolant tidak / jarang berkurang jika kondisi radiator baik.