Cara Mudah Mengecek Pulser Pada Sepeda Motor

responsive

Cara Mudah Mengecek Pulser Pada Sepeda Motor – Pulser, ya mungkin bagi sebagian pengguna motor sudah mengetahui peran part yang satu ini begitu vital. Pasalnya jika komponen pulser ini bermasalah, maka ciri-cirinya mesin sulit untuk dinyalakan alias mogok. Namun secara umum, pulser yang bermasalah ciri-cirinya adalah pulser melemah dan susah mesin dinyalakan, masalah seperti ini hampir sama seperti masalah pada CDI. Jika tidak terlalu parah, mungkin motor masih bisa kita nyalakan tapi akan tersendat-sendat dan sering kali muncul di putaran rpm rendah dan tinggi.

Kalau pulser mati, tentu tidak akan ada kumparan atau listrik dan menjadikan mesin untuk susah dinyalakan karena memang tidak ada perintah ke CDI untuk memberi percikan api. Lantas bagaimana cara mengecek pulser yang bermasalah? Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mesin sulit dinyalakan karena pulser bermasalah atau pada komponen lain pada motor kita. Nah, untuk itulah anda perlu mengetahui cara untuk mengeek pulser motor, mudah dan sederhana dirumah.

Biasanya, banyak orang lebih memilih mengecek pulser dnegan melepas pulser lama yang memang bermasalah dengan diganti pulser baru yang didapat dari motor orang lain, lalu dipasangkan pada motor miliknya yang memang sulit untuk dinyalakan. Namun cara tersebut terbilang sudah tertinggal, karena kini ada cara terbaru yang lebih mudah dan sederhana. Cara mengecek pulser motor yang kami bagikan untuk anda ini memanfaatkan benda lain bernama avometer. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, mari langsung saja kita simak bersama ulasan lengkapnya dibawah ini.

responsive

Cara mengecek pulser dengan avometer :

  1. Siapkan terlebih dulu avometer untuk mengecek pulser motor anda.
  2. Lalu seting avometer di knop X10.
  3. Kemudian colokan probe merah dan hitam pada terminal pulser motor anda.
  4. Jika kondisi pulser baik, maka jarum akan menunjuk di 400 ohm, namun jika sebaliknya maka bisa dipastikan pulser bermasalah dan perlu diganti.

Untuk alat pengecekannya sendiri yakni avometer, jika anda tidak punya bisa meminjam pada bengkel atau teman yang memilikinya. Demikian informasi kali ini mengenai cara mudah mengecek pulser motor dengan avometer. Sampai jumpa lagi.

Incoming search terms:

cara mengecek pulser mati atau tidak,cara cek pulser,cara mengecek pulser mati,cara cek pulser tanpa avometer,cara mengecek pulser sepeda motor,pulser motor,cara mengecek pulser mati dengan alvometer satria fu,cara cek pulser supra,pulser pada motor,cara cek pulser motor

responsive