Cara Memperbaiki Ball Joint Dan Tie Rod

responsive

Cara Memperbaiki Ball Joint Dan Tie RodDi dalam sebuah mobil pasti mempunyai komponen yang sangat banyak sekali. misalnya terdapat komponen ball joint dan tie rod. Ball join dan tie rod merupakan bagian dari sebuah komponen kemudi didalam kendaraan roda 4. Jika sering digunakan dalam berkendaraan terutama melewati jalan yang terjal dan rusak, akan membuat bagian ball join dan tie rod cepat rusak. Biasanya ditandai dengan bagian ball joint dan tie rod yang goyang karena bantalan jointnya aus. Ketika mengemudi di jalan rusak, dan keluar bunyi dan ketika mengemudi akan terasa goyang-goyang. Berarti ini menandakan kalau ball joint dan tie rod mengalami kerusakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara memperbaiki ball joint dan tie rod.

Langkah Memperbaiki Ball Joint Dan Tie Rod

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan ketika memperbaiki tie rod dan ball joint. Langkah pertama bukalah bagian ball joint dan tie rodnya terlebih dahulu. Bukalah pada bagian pin pengaman mur, kendorkan kemudian buka murnya. Bukalah joint dengan menggunakan kunci khusus yang digunakan untuk membuka tie rod. Selanjutnya pukul bagian tie rod sampai kencang. Jika sudah dibuka lepas bagian karet bootnya, gunakan pipa dan masukan joint dengan menggunakan palu sampai benar-benar kencang dan ball joint tidak longgar lagi.

responsive

Jika ball joint dan tie rod sudah benar-benar kencang, pasang kembali ke bagian kemudi. Jangan lupa untuk stempet dan bootnya dipasang kembali. Kalau sudah selesai, lebih baik kendaraan anda dilakukan balancing dan spooring. Untuk lebih mudahnya memang langsung memperbaiki ball joint dan tie rod di bengkel. Supaya kendaraan anda bisa langsung dites spooring dan balancing. Jika sudah dilakukan tes tersebut, anda jadi tahu kenyamanan yang paling pas pada saat mengemudi. Jika anda melakukannya sendiri di rumah, akan lebih sulit ketika melakukan pengecekan spooring dan balancing.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan pada saat memperbaiki ball joint dan tie rod yang rusak. Jika kerusakan sudah semakin parah, lebih baik diganti dengan yang baru. Tetapi ada beberapa jenis ball joint dan tie rod dari beberapa jenis mobil yang sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu perawatan mobil secara rutin setiap bulannya memang diperlukan. Supaya semua komponen mobil tetap baik dan terawat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Memperbaiki ball joint dan tie road memang bisa dilakukan sendiri, tetapi jika kerusakannya parah lebih baik dilakukan di bengkel.

Incoming search terms:

perawatan ball joint dan tierod

responsive