Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Sudah Rusak

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Sudah Rusak – Aki motor anda bermasalah? Yuk simak cara memperbaiki aki kering motor berikut ini. aki merupakan salah satu bahan atau komponen yang memiliki peran penting untuk sepeda motor yaitu mengisi kebutuhan listriknya. Aki sendiri memiliki 2 jenis yaitu aki basah dan aki kering.saat ini, aki kering memang cenderung lebih banyak digunakan, terutama untuk motor-motor keluaran terbaru. Nah bagi anda yang menggunakan aki kering dan sedang bermasalah, baik tekor ataupun soak, kami akan berikan solusi untuk memperbaiki aki kering ini. langsung saja, berikut beberapa langkah yang perlu anda lakukan.

Langkah-Langkah Untuk Memperbaiki Aki Motor :

Sebelum mulai memperbaiki aki kering, terlebih dahulu siapkan alat-alat dan barang yang dibutuhkan seperti air aki (zuur), obeng atau alat pencukit yang bisa digunakan untuk membuka tutup aki kering.kemudian alat suntik untuk memasukkan air aki ke box aki dan juga kain lap yang mungkin nanti akan dibutuhkan. Nah setelah alat dan barang yang dibutuhkan telah siap, kita bisa memasuki tahapan memperbaiki aki kering motor.

Pertama-tama untuk memperbaiki aki kering, ambil aki kering yang ingin diperbaiki lalu bersihkan dari kotoran yang mungkin menempel. Setelah itu, buka penutup aki dengan obeng secara paksa dan hati-hati agar tidak merobek tempat aki.

Setelah terbuka, akan ada beberapa tutup karet kecil, buka lalu suntikkan air zuur ke dalam lubang-lubang yang ada di bagian atas box aki hingga jarak maksimalnya 1 cm dari lubang. Lubang kemudian ditutup kembali sampai rapat agar tidak ada kebocoran. Setelahnya penutup body dipasang kembali hingga rapi dan benar-benar rapat.anda bisa menggunakan lem untuk merekatkan penutup jika diperlukan.

Selanjutnya lakukan charge atau isi aki dengan tegangan. Caranya, hubungkan aki tersebut dengan motor anda yang telah dinyalakan. Atau anda juga bisa menggunakan trafo cas atau Charger Transformator untuk melakukan pengisian ini. setelah terisi tegangan, pasang kembali aki kering ke motor anda dan lakukan starter. Biarkan dalam posisi stationer selama kurang lebih 15 menit agar tegangan aki ini stabil.Sampai disini, anda telah berhasil memperbaiki aki kering motor anda.sekian

Memperbaiki aki kering merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah aki motor yang soak ataupun tekor.