Cara Agar Lampu Motor Lebih Terang Pada Malam Hari

Cara Agar Lampu Motor Lebih Terang Pada Malam Hari – Lampu motor yang kurang terang bisa kita atasi dengan cara mudah dan sederhana, tapi tidak bisa dilakukan asal-asalan pasalnya bisa membuat komponen kelistrikan pada motor rusak. Tentu saat berkendara dimalam hari akan lebih tidak nyaman saat lampu motor kurang terang, apalagi jalanan yang dilewati rusak dan berlubang pasti kita dibuat jengkel oleh nya. Tapi anda tidak perlu jengkel atau khawatir lagi, pasalnya kami membawakan tips cara membuat lampu motor lebih terang untuk anda semua yang memang sedang mengalami masalah kurang terangnya lampu motor.

Pada sepeda motor sendiri ada dua jenis sistem kelistrikan, diantaranya lampu AC (arus bolak-balik) dimana sistem kelistrikan tersebut sering terjadi masalah pada bagian lampu, motor yang mengadopsi jenis lampu AC adalah motor bebek dan matic. Ada juga sistem kelistrikan DC (searah), dimana sistem lampu tersebut biasanya ditanamkan pada motor sport seperti megapro, vixion, dan lainnya.

Perlu adanya perhitungan dalam menjadikan lampu motor jadi lebih terang karena jika asal-asalan tidak menutup kemungkinan sistem kelistrikan pada sepeda motor bisa rusak. Kalau memang tidak begitu mengerti, ada baiknya anda pergi ke bengkel terdekat atau bengkel resmi. Tapi bagi yang ini mengetahui cara membuat lampu motor lebih terang, anda bisa melihat ulasan kami berikut ini.

Cara Agar Lampu Motor Lebih Terang :

Tips yang akan kami bagikan ini adalah membuat lampu motor lebih terang dari biasanya tapi tidak seterang lampu HID, karena memang lampu HID bisa membuat aki lebih mudah rusak atau tekor bahkan bisa membuat dudukan lampu meleleh dikarenakan kepanasan. Mari langsung saja kita simak cara membuat lampu motor lebih terang berikut ini.

1. Pada motor yang mengusung sistem kelistrikan jenis AC, cara terbaik dan paling aman adalah dengan cara mengganti bohmlap yang lebih kecil tegangannya dari lampu pabrikan. Biasanya jika bohlamp pabrikan memiliki tegangan 25 wat/12 volt, maka anda dapat menggantinya dengan lampu bertegangan lebih rendah, misalnya bertegangan 15/10 watt. Kami sarankan gunakan lampu motor warna biru.

2. Untuk yang memiliki motor dengan sistem lampu atau kelistrikan DC, membuat lampu lebih terang adalah mengganti lampu pabrikan dengan daya besar. Cara ini bisa dikatakan aman, karena tidak mengubah kondisi dari kiprok. Kiprok sendiri memiliki fungsi vital yakni mengubah sistem kelistrikan AC ke DC dan kemudian menyalurkannya agar baterai terisi dan membuat lampu lebih terang dari sebelumnya. Jadi kiprok tidak terganggu dan tidak menimbulkan masalah baru.

Kami ingatkan kembali jangan pernah mencoba mengutak-ngatik komponen sistem kelistrikan jika memang tidak terlalu faham, terutama pada bagian kiprok karena seperti yang kita bahas diawal jika kiprok bertugas menjaga arus listrik agar tetap stabil, supaya bisa mengisi baterai dan membuat lampu lebih terang. Sehingga jika diutak-atik dan asupan listrik menu baterai atau aki terlalu besar maka bisa saja aki meledak.