Beberapa Cara sederhana merawat mesin mobil Agar Awet

responsive

Beberapa Cara sederhana merawat mesin mobil Agar Awet – Supaya mobil tetap dalam kondisi sehat dan prima memang perlu adanya perawatan berkala secara maksimal dan menyeluruh. Akan tetapi tidak banyak orang yang mempunyai waktu atau kebiasaan dalam merawat mobil secara teliti. Nah, untuk yang memang tidak memiliki waktu banyak, disini kami akan membagikan beberapa komponen dalam mobil yang dianggap penting dan perlu adanya perawatan secara baik serta tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Tidak hanya mobil bekas yang sudah uzur yang memang memerlukan perawatan khusus, mobil keluaran terbaru juga sangat perlu adanya perawatan berkala secara baik dan benar, kegiatan seperti ini berlaku untuk semua jenis mobil aik itu matic atau mobil bertransmisi manual.

Perawatan pada mesin mobil ini terbilang mudah untuk dilakukan, misalnya lakukan pengecekan berkala pada bagian seperti filter udara, oli mesin, cairan radiator dan paculah mobil sewajarnya saja. Berikut ini tips dan trik cara merawat mobil dengan sederhana.

responsive

1. Ganti oli berkala

Performa pada sebuah mesin tergantung pada perawatan berikut ini. Nah, guna menjaga kondisi mesin supaya tetap dalam kondisi optimal, ada baiknya anda mengganti oli mobil secara berkala serta sesuai dengan standar dari masing-masing jenis mobil yang ada, secara umum pergantian oli pada sebuah kendaraan adalah pada jarak tempuh 3000 km sampai dengan 5000 km.

Tak cuma itu saja, pemilihan oli yang tepat dan sesuai kebutuhan standar mampu meminimalisir mesin mobil cepat panas dan membuat komponen didalamnya rusak atau aus. Oli memiliki peran khusus pada setiap ketahanan dari setiap mesin mobil, yang mana oli mampu meredam gesekan atau benturan ketika mesin dinyalakan.

2. Cek air radiator atau coolant

Peranan dari radiator sendiri memang sangat vital guna mendinginkan suhu mobil. Jika air radiator kosong selain akan membuat kerusakan mesin, tapi juga akan membahayakan si pengemudi itu sendiri. Air radiator yang kosong mampu membuat panas berlebih pada mesin yang sering disebut juga overheat. Menilik betapa vitalnya komponen yang satu ini pada kondisi sebuah mesin kendaraan, ada baiknya kita perlu memeriksa keberadaan air radiator mobil secara rutin.

3. Bersihkan filter karburasi

Salah satu penyebab dari mesin mobil seringkali susah dinyalakan adalah saringan atau filter karburasi yang kotor. Merawat dan membersihkan bagian yang satu ini terbilang cukup mudah cukup dengan bantuan sikat gigi untuk melepaskan kotoran dan kerak yang melekat pada saringan tersebut. Hindari pemakaian alat bantu seperti hairdrayer ataupun compressor pada saat membersihkan saringan karburasi ini, karena hal ini akan membuat lapisan filter karburasi rusak.

4. Pacu mobil Anda

Mesin mobil yang telah digunakan dalam kurun waktu yang lama pasti akan menghasilkan kerak di beberapa komponen dalam mesin. Nah, cara untuk mengatasinya sangat mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu memacu kendaraan dengan menginjak pedal gas lebih dalam supaya kerak yang ada pada bagian mesin keluar melalui saluran pembuangan. Tapi dengan catatan anda perlu memperhatikan keamanan anda sendiri dalam berkendara pada saat memacu kendaran dalam kecepatan tinggi.

Itulah beberapa tip dan trik cara sederhana merawat mesin mobil dengan baik dan benar. Semoga setelah membaca artikel yang telah kami rangkum ini, anda jadi rajin mengecek serta merawat setiap komponen mesin mobil dengan teliti dan detail. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

responsive